Kamis, 28 Juli 2016

tentang novel

Negeri 5 menara



Novel karya A.Fuadi ini bercerita tentang Alif yang lahir di pinggir Danau Maninjau dan tidak pernah menginjak tanah di luar Minangkabau. Alif dari kecil sudah bercita-cita ingin menjadi B.J Habibie,maka dari itu ia berencana melanjutkan sekolah ke SMU negeri di Padang yang akan memuluskan Alif untuk menggapai cita-citanya. Namun,Amak yang ingin menginginkan Alif menjadi penerus Buya Hamka,membuat mimpinya sirna. Alif diberi pilihan melanjtkan ke sekolah agama atau mondok di pesantren,Alif sempat marah tapi akhirnya ia menuruti perintah ibunya dan tidak ingin mengecewakan. Atas saran dari pamannya di Kairo,Alif pun melanjutkan sekolah di Pondok Madani di Jawa Timur.

Awalnya Alif setengah hati menjalankan pendidikan di pondok,karena tidak sesuai dengan apa yang ia cita-citakan. Tapi,setelah mendengar kalimat bahasa arab yang dikatakan kiai Rais di hari pertama di pondok,yaitu "Man Jadda wajada"-siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil-,akhirnya Alif menjadi ikhlas dan bersungguh-sungguh untuk menempuh pendidikan di pondok.

Di PM Alif berteman dengan Raja dari Medan,Said dari Surabaya,Dulmajid dari Sumenep,Atang dari Bandung dan Baso dari Gowa,sulawesi.Ternyata kehidupan di PM tidak semudah dan sesantai menjalani sekolah biasa.Setiap harinya harus menghafal quran,belajar siang malam,berbicara Arab dan Inggris,dan peraturan-peraturan ketat dan hukuman yang berat.

Namun disela rutinitas yang padat,Alif dan kelima temannya selalu menyempatkan diri untuk berkumpul di bawah menara masjid,menatap awan dan memikirkan cita-cita mereka kedepannya.

Pada suatu hari,Baso yang pintar dan paling rajin memutuskan untuk keluar PM karena masalh ekonomi dan keluarga,kepoergian Baso membangkitkan semangat Alif dan keempat temannya untuk menamatkan PM dan mewujudkan cita-cita mereka. Kini,semua cita-cita mereka telah menjadi nyata,sesuai dengan lukisan imajinasi kita di awan, Alif berada di Amerika,Raja di Eropa,Atang di Afrika,Baso berada di Asia,sedangkan Said dan dulmajid berada di NKRI tercinta
Jangan pernah meremehkan impian,walau setinggi apapun,Tuhan Maha Pendengar,Man jadda wa jada..,siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil
#7daypenitiblogging\

sumber:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/3/34/N5M-POSTER-FIN.jpg/230px-N5M-POSTER-FIN.jpg





Tidak ada komentar:

Posting Komentar